Cisco Dukung Hybrid Content Delivery Network

Cisco baru saja mengumumkan bahwa mereka ternyata adalah salah satu investor strategis yang turut menyokong dana sebesar $9.5 juta untuk GridNetworks di bulan Oktober tahun lalu. GridNetworks ingin mengaplikasikan teknologi yang mereka miliki untuk mengirim konten televisi high definition (HD) ke rumah tangga melalui jaringan internet.

Sebagian arsitektur teknologi GridNetworks berbasis content delivery network (CDN) tradisional, dan sebagian lagi menggunakan cara pengiriman data peer to peer P2P. Singkatnya, pengiriman konten melalui teknologi GridCasting pada awalnya dilakukan oleh beberapa data center besar seperti biasa. Setelah video diputar selama 10 hingga 30 detik, data center ini memindahkan tanggung jawab pengiriman konten ini ke sekitar 16 peer (klien lain yang menonton video yang sama mengirimkan konten ini dari cache mereka sendiri).

Image Hosted by ImageShack.us


Metode ini tidak 100% unik, Vuze menggnakan protokol BitTorrent Azureus untuk mencapai hasil yang sama. Dan masih belum jelas apakah metode distribusi P2P untuk video HD memberikan banyak keuntungan dibandingkan metode streaming tersentralisasi.

Yang menjadi sorotan utama adalah fakta bahwa Cisco tertarik dengan teknologi CDN hybrid ini. Investasi dan hubungan mereka dengan Cisco akan memberi GridNetworks kesempatan untuk mengintegrasikan perangkat lunak yang mereka sebut "connector" ini ke alat - alat elektronik non komputer seperti Linksys entertainment center.
Posted in |

0 komentar: